Pages

Selasa, 14 Oktober 2014

CARA HIDUP SEHAT SEBAGAI ANAK KOSAN

Sebagai mahasiswa yang baru hidup sendiri yang jauh dari orang tua dan keluarga. Seringkali membuat kita lupa akan kesehatan tubuh dan membuat kita gampang terserang penyakit. Berikut ini adalah cara-cara agar kita bisa hidup sehat ala anak kosan:

1. Makan teratur dan bergizi
Makan adalah salah satu bagian terpenting dalam hidup, anak kosan yang jauh dari orang tua biasanya suka lupa akan makan, seringkali mereka hemat dalam membeli makanan. Sehingga asupan gizi mereka kurang terpenuhi. Apalagi ketika tanggal tua datang menghampiri mereka. Akibat dari tidak teraturnya makan dan asupan gizi yang kurang membuat pertahanan kekebalan tubuh mereka menurun, sehingga mudah sakit.

2. Membuat daftar menu makan sehari-hari
Agar gizi terpenuhi dan kantong tidak terkuras banyak, mulailah membuat daftar menu makanan sehari-hari. Seperti contohnya hari senin nasi, sayur jamur, dan telor. Hari selasa nasi, sayur capcai, dan sosis. Jangan lupa menambahkan susu dan buah buahan. Supaya asupan gizi terpenuhi dan tidak mudah sakit. Jangan biasakan makan makanan yang instan seperti mie, pop mie, dan lain lain. Karena jika terlalu berlebihan dan sering mengkonsumsi akan menimbulkan penyakit di kemudian hari. Di dalam mie terdapat banyak sekali zat-zat yang berbahaya bagi tubuh. Dan zat-zat tersebut bisa mengakibatkan penyakit kanker dan penyakit lainnya.

3. Perbanyak minum air putih
Kegiatan mahasiswa sangatlah banyak dan padat. Jika tubuh kekurangan cairan biisa membuat tubuh dehidrasi. Oleh karena itu sering-seringlah minum air putih. Setidaknya delapan gelas sehari. Air putih sangat bermanfaat bagi tubuh, salah satunya untuk membersihkan racun dari semua bagian tubuh kemudian membawanya ke hati dan ginjal untuk dibuang. Setelah bangun tidur dianjurkan minum air putih dua gelas.

4. Olah raga teratur
Dibalik kesibukan yang menyelimuti mahasiswa, sempatkanlah untuk berolah raga ringan setidaknya 30 menit sehari. Kalau anda sangat sibuk sempatkanlah bangun di pagi hari dan jogging di depan kosan. Untuk menambah semangat putarlah lagu kesukaan anda disaat sedang berolah raga. Olah raga bisa membuat tubuh lebih segar dan bersemangat dalam menjalani hari-hari.

5. Bagun dan mandi di pagi hari
Karena jadwal masuk kuliah tidak menentu, cobalah biasakan untuk bagun dan mandi di pagi hari. Karena sangat bermanfaat bagi tubuh, salah satunya yaitu oksigen di pagi hari lebih banyak sehingga membuat oksigen di dalam tubuh terpenuhi. Dan mandi di pagi hari membuat aliran darah menjadi lebih lancar. Jangan lah sekali kali tidur di pagi hari karena bisa membuat diri kita menjadi malas dan tidak bersemangat. Tidur di pagi hari bisa membuat pusing kepala dan hati hati bisa kebablasan sehingga telat masuk kuliah.

6. Rutin membersihkan kosan
Walaupun hidup sendiri di kosan, janganlah sekali kali malas dalam membersihkan kosan. Kosan yang kotor, banyak sampah, bau, banyak cucian kotor, dan debu dimana mana. Menimbulkan nyamuk, bakteri dan kuman bersarang dan merajalela. Jika sudah banyak kuman dan bakteri yang menempel mengakibatkan tubuh kita mudah terserang penyakit. Cobalah membersihkan kosan dua hari sekali agar kita nyaman dan betah di kosan.

7. Hindari stres
Seringkali kita stres dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Cobalah hidari stres dengan meluangkan waktu bersenang senang dengan teman teman, mendengarkan musik atau radio, jangan memikirkan masalah tapi carilah jalan keluarnya, jangan kebanyakan galau memikirkan si dia. Cobalah cari kegiatan yang bisa membuat kita senang atau bahagia.

8. Istirahat yang cukup
Aktifitas yang padat membuat kita sering lupa akan istirahat. Istirahat merupakan komponen yang penting dalam hidup karena jika kurang istirahat tubuh akan lelah dan gampang terserang penyakit, dan menurunnya daya konsentrasi berfikir. Sebaiknya anda tidur minimal enam jam sehari. Jangan terlalu sering begadang. Begadang bisa menimbulkan anemia dan jerawat muncul. Terlalu sering begadang mengakibatkan kekebalan tubuh menurun sehingga di pagi harinya gampang terserang kantuk.
Itulah tips-tips hidup sehat ala anak kosan, semoga kita bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Karena sehat adalahpilihan, dan pilihan ada di tangan anda. Selamat mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About