Pages

Selasa, 18 November 2014

HATE MATEMATIKA?


     Masalah utama yang sering dialamai oleh siswa saat belajar adalah jenuh, karena kegiatan yang diulang-ulang sehingga memunculkan sikap malas dan bahkan tidak mau lagi mencoba. Misalnya, terkadang kita akan merasa bosan dan jenuh ketika sudah berusaha memecahkan suatu soal Matematika, namun tidak dapat dipecahkan.

Saya menulis topik ini karena terinspirasi oleh ibu saya. Ibu saya termasuk orang yang tidak menyukai pelajaran Matematika. Saat saya bertanya "Mengapa ibu tidak menyukai pelajaran Matematika?" beliau menjawab, "Karena malas menghitung". Saking tidak menyukai pelajaran Matematika, ibu saya mengambil jurusan kuliah Bahasa Jepang, sehingga tidak bertemu dengan pelajaran Matematika. Namun, di luar dugaan. Ternyata, di dalam pelajaran Bahasa Jepang ada pelajaran menghitungnya juga. Yaitu, ketika menghitung uang 'Yen' ke dalam 'Rupiah', juga sebaliknya. Tidak menyukai pelajaran Matematika, membuat ibu saya takut. Takut tidak dapat mengajar pelajaran Matematika kepada anak-anaknya. Pada akhirnya, ibu saya mencari suami yang berkuliah di UGM jurusan Fakultas Teknik, suami yang menyukai pelajaran Matematika. Akhirnya, ibu saya pun mendapatkan suami yang diimpikan.



Karena itu, saya mempunyai 'Tips Mencintai Pelajaran Matematika', antara lain :

*Memulai dengan niat
“Segala amal tergantung niat” kata-kata dari Nabi Muhammad SAW tersebut sebenarnya mengajak agar kita harus mengawali sesuatu dengan niat yang baik. Karena apa saja yang dimulai dengan niat yang baik pasti hasilnya akan baik seperti yang diharapkan.

*Berusaha untuk mencintai guru
Cara tepat agar bisa mencintai suatu pelajaran paling utama setelah niat adalah dengan menyukai guru mata pelajaran. Karena apabila kita telah menyukai guru tersebut maka pelajaran yang di ajarkan guru tersebut juga akan di sukai.

*Katakan bahwa ‘Saya akan menyenangi mata pelajaran ini’
Tak kenal maka tak cinta, pepatah yang bernilai ini mengajarkan kita untuk mengenali kemudian akan timbul rasa cinta, hal ini berlaku pula bagi mata pelajaran juga guru yang mengajarkannya. Nah, dengan demikian kita dapat menghargai bahwa semua ilmu itu berguna.

*Tingkatkan rasa ingin tahu
Jika ingin memahami suatu pelajaran tentu saja rasa ingin tahu harus dimiliki. Rasa penasaran dan mencoba mencari untuk mengetahuinya adalah hal yang sangat penting.

Nah, cara-cara ini dapat dicoba bagi pelajar yang sedang mengalami kesulitan dengan mata pelajaran Matematika. Bagi seorang pelajar, 'terus belajar dan mencoba sesuatu meskipun tidak disenangi asalkan bermanfaat', sama sekali tidak akan merugikan. Bahkan terkadang pelajaran yang tidak disukai itu akan menjadi sesuatu yang penting suatu saat nanti.
Jadi, jangan benci Matematika, ya..

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About